Saturday, January 7, 2012

Rommel

Rommel: The Trail of the Fox (Wordsworth Military Library)Rommel: The Trail of the Fox by David Irving
My rating: 4 of 5 stars

“In this war the commander’s place is here, right out in front! I don’t believe in armchair strategy. Let’s leave that to the gentlemen of the General Staff.”

"We’ve got to look at this war like a cavalry action--we’ve got to throw in tank divisions like cavalry squadrons, and that means issuing orders from a moving tank just as generals once used to from the saddle.”

Bedanya perang jaman dulu dengan sekarang, komandan jaman sekarang tak perlu terjun ke medan perang dengan risiko kehilangan nyawa, cukup mengandalkan peranti komunikasi canggih untuk memberikan perintah dari jarak jauh.

Aku suka film perang dengan setting jadul, di mana jenderal bahkan raja yang memimpin perang berada di barisan paling depan dalam pertempuran, menjadi ujung tombak serangan. Sekarang mungkin kelihatannya bodoh dan ceroboh--teringat King Richard di film Robin Hood terbaru yang gemar menyerang paling depan dan akhirnya kena panah di leher--tapi justru pemimpin yang seperti itu memberikan inspirasi dan keberanian kepada para prajurit atau bawahannya.

Dalam Perang Dunia II yang sudah cukup modern, Rommel masih tipe komandan jadul, yang suka berada paling depan. Malah tank-nya sering terlalu depan sampai pasukannya ketinggalan bermil-mil dan musuh bisa masuk di antara mereka. Tapi entah punya perjanjian apa dengan Dewi Fortuna, dia selalu selamat... setidaknya sampai Hitler menyuruhnya bunuh diri.

View all my reviews

No comments:

Post a Comment