Saturday, January 7, 2012

(Dulu) Di Udara Kita Jaya

Pesawat Kombatan TNI AU: Dari Legenda Churen Hingga Kedigdayaan FlankerPesawat Kombatan TNI AU: Dari Legenda Churen Hingga Kedigdayaan Flanker by Tim Penyusun Edisi Koleksi Angkasa
My rating: 4 of 5 stars

Tahun 60-an adalah masa-masa keemasan bagi TNI AU, di mana AURI menjadi angkatan udara terkuat di belahan dunia selatan dengan bekal pesawat canggih dari USSR. Memang mengorbankan anggaran negara sementara ekonomi terpuruk, tapi berhasil menggentarkan Belanda yang masih bercokol di Irian Barat.

Mengapa pesawat Soviet? Pemberontakan di mana-mana membuat Indonesia butuh pesawat yang bisa mengatasinya. Tapi mau beli pesawat keluaran AS malah dihalang-halangi, toh AS sendiri punya andil di balik pemberontakan yang terjadi di Indonesia kala itu.

Politik jualah yang menyebabkan koleksi pesawat Soviet itu kemudian terlantar, karena setelah G30S kita berpaling ke Barat. Dan politik pula yang membuat kita belakangan belanja Sukhoi...

Mudah-mudahan kekuatan udara Indonesia di masa depan tidak tergantung lagi pada pabrikan luar yang rentan pada kondisi politik luar negeri. Tetap semangat!

View all my reviews

No comments:

Post a Comment