Saturday, January 7, 2012

Gombalisasi

Menghadapi Globalisasi: Kiat Gombal buat Pengusaha KecilMenghadapi Globalisasi: Kiat Gombal buat Pengusaha Kecil by El Fisgón
My rating: 5 of 5 stars

Greed is good.
- Gordon Gekko.

Baca komik ini bikin miris, hati teriris-iris dan kepingin nangis seperti baca buku Economists with Guns. Tapi mau misuh-misuh dan ngumpat-ngumpat seperti apapun, negara kita tanpa terasa sudah sedemikian lama terseret ke bawah imperialisme gaya baru yang setengah mati ingin dihindarkan oleh para bapak bangsa yang sudah menyadari kedatangannya tak lama sejak kita memperoleh kemerdekaan secara fisik. Kenapa juga Bung Karno menyerukan slogan Amerika kita setrika dan Inggris kita linggis dalam konfrontasi melawan imperialisme dan kolonialisme terselubung yang ingin kembali mengeksploitasi negara-negara yang baru saja merdeka?

Komik ini mengutarakan hal-hal yang sudah jelas tapi tak semua orang mau mengakui atau melihatnya. Kocak, tajam dan cerdas, membuat kita dapat menertawakan hal-hal yang sebenarnya menyedihkan, terutama bagi rakyat kebanyakan dari negara-negara korban gombalisasi, eh, globalisasi.

Tapi krisis utang AS belakangan ini menunjukkan bahwa bukan cuma negara dunia ketiga yang menjadi korban para juragan kapitalis, karena pemerintah AS pun tak berdaya melawan tekanan kehendak para pelaku ekonominya sendiri, yang menerapkan prinsip ekonomi secara ekstrim dan ogah kehilangan keringanan pajak yang diberikan pemerintahan Bush Jr.

View all my reviews

No comments:

Post a Comment