Sunday, October 19, 2014

The Body In The Library

Mayat Dalam PerpustakaanMayat Dalam Perpustakaan by Agatha Christie
My rating: 3 of 5 stars

"Aduh, Nyonya, aduh, Nyonya, ada mayat dalam perpustakaan."

Menurut Agatha Christie, untuk cerita-cerita detektif, plot yang umum dan terkenal adalah mayat yang ditemukan dalam perpustakaan. Dan ia ingin membuat salah satu variasinya, dan mencurahkan keinginan itu dengan menuliskan novel dengan judul yang sangat harfiah ini.

Oke, pertanyaannya: kenapa harus di perpustakaan???

Apakah tidak ada tempat lain yang lebih cocok untuk membunuh orang atau membuang mayat? Perpustakaan sudah cukup membuat alergi kebanyakan orang tanpa harus ditambah embel-embel ada mayat di situ sehingga hanya para pemburu hantu saja yang berkenan masuk ke dalamnya.

Dalam novel ini, ternyata perpustakaan bukanlah tempat pembunuhan yang sebenarnya. Bahkan, bukan si pelaku kejahatan yang menitipkan mayat di situ (Oke, ini spoiler sebenarnya!).

Jadi, si pemilik rumah yang perpustakaannya mendadak jadi crime scene tidak tahu apa-apa. Tapi, meskipun ia tidak bersalah, yang namanya gosip, semakin digosok semakin sip. Apalagi mayat yang ditemukan seorang gadis muda belia yang cantik.

Misi Miss Marple membantu penyelesaian kasus ini sederhana saja. Selain menangkap pelakunya dan mencegah adanya pembunuhan lain, yang paling penting adalah menjernihkan gosip yang dapat selamanya mencoreng nama baik si pemilik rumah, yang juga kenalan baiknya.

Seperti layaknya cerita misteri, ada beberapa red herring di sini. Selain ada pemindahan mayat, ada juga penukaran mayat (iya, iya, ini juga spoiler!). Jika dan hanya jika pembaca mau repot-repot membaca secara detail, ia bisa mendahului Miss Marple menebak alur cerita dan pelakunya...



View all my reviews

No comments:

Post a Comment