Sunday, October 19, 2014

Endless Night

Malam Tanpa Akhir -  Endless NightMalam Tanpa Akhir - Endless Night by Agatha Christie
My rating: 4 of 5 stars

Sebagai salah satu novel misteri tanpa detektif dari Agatha Christie, buku ini boleh dibilang termasuk yang dapat membuat seorang pembaca yang polos, lugu dan mudah ditipu, akan berteriak "UAPAAA?" sambil melempar bukunya, ketika masuk ke bab terakhir alias bab penjelasan whodunnit-nya.

Misterinya cukup klasik sebenarnya, dimulai dengan cerita tentang estat terkutuk yang telah membuat pemiliknya tak henti dirundung malang. Begini sinopsis bukunya:

Penduduk Kingston Bishop berkata siapapun yang memiliki Gypsy's Acre akan mengalami nasib malang dan kejadian-kejadian berbahaya... dan akhirnya akan mati.

Tapi Mike dan Ellie sedang dilanda cinta. Mereka akan mendirikan rumah mereka di Gypsy's Acre, dan kebahagiaan mereka akan menghapuskan segala masa lalu yang jahat itu untuk selama-lamanya.

Kemudian ancaman-ancaman itu mulai datang. Kecelakaan-kecelakaan, juga teror. Tiba-tiba cita-cita mereka yang indah menjadi mimpi buruk yang penuh dengan ketakutan, pengkhianatan... dan pembunuhan!

Kisah drama tragedi ini dinarasikan oleh Michael Rogers, atau Mike, seorang pemuda biasa yang bertemu dan jatuh cinta dengan Fenella Goodman, atau Ellie, seorang pewaris kaya raya dari Amerika. Singkat cerita, cinta pada pandangan pertama itu berlanjut ke pelaminan.

Pasangan muda itu membeli Gypsy's Acre dan membangun rumah di sana, tanpa mempedulikan gosip lokal tentang legenda Gypsy's Acre, yang konon dikutuk oleh kaum gipsi yang diusir keluar dari daerah itu.

"Dengarkan aku, Cantik," kata Mrs. Lee kepada Ellie, jauh sebelum Ellie membeli Gyspsy's Acre. "Nasib sial akan menimpa siapa pun yang membelinya. Tanah ini sudah dikutuk, bertahun-tahun lamanya. Kau jangan datang kemari. Jangan berurusan dengan Gypsy's Acre. Kematian akan menimpamu, juga bahaya. Pulanglah ke seberang laut, dan jangan kembali ke Gypsy's Acre. Kuperingatkan kau."

Tentu saja, peringatan itu tak diindahkan. Lalu, terbuktikah bahaya dan kematian yang akan menimpa Ellie sebagai pemilik baru Gypsy's Acre?

Ellie mengalami  kecelakaan saat berkuda, dan Mike pun mendadak duda. Tapi yang aneh, Ellie tidak mengalami luka parah, seperti patah tulang leher atau luka-luka yang biasanya terjadi jika seseorang jatuh dari kuda--pokoknya tidak ada luka-luka yang cukup serius yang dapat menyebabkan kematiannya. Dokter tak bisa memberikan penjelasan lain mengenai kematian Ellie selain karena serangan jantung yang mungkin disebabkan oleh shock. Shock gara-gara apa? Apakah ditakut-takuti sesuatu atau seseorang? Apakah gara-gara sihir atau jampi-jampi?

Ataukah Ellie dibunuh? Siapa yang tega membunuhnya?

Every night and every morn
Some to misery are born
Every morn and every night
Some are born to sweet delight
Some are born to sweet delight
Some are born to endless night



View all my reviews

No comments:

Post a Comment