Thursday, May 29, 2014

Steal Like an Artist

Steal Like an ArtistSteal Like an Artist by Austin Kleon
My rating: 4 of 5 stars

Buku ini keren. Sudah, itu saja review-ku. Sungguh, susah membuat reviewnya karena aku suka semuanya. Aku cuma bisa merekomendasikannya.

Tapi begini deh. Waktu membaca buku ini, aku langsung teringat kasus yang beberapa hari terakhir ini sedang menjadi topik hangat di komunitasku.

Untuk mereka yang seringkali "tak sengaja" meng-copas review buku orang lain, please please please bacalah buku ini sebagai acuan. Diajarin kok cara "mencuri" dengan baik-baik. Pencurian yang baik adalah ATM: Amati-Tiru-Modifikasi, bukan ATP: Amati-Tiru-Plek.

Tabel di halaman 39 buku ini memberikan perbandingan antara ATM dan ATP:

Curian bagus:
- terhormat
- memahami
- curi dari banyak
- cantumkan sumber
- ubah
- padukan

Curian buruk:
- tanpa etika
- tahu sepintas
- curi dari satu
- plagiat
- contek
- ambil mentah-mentah
"Curilah dari kami. Gabungkan dengan ciri khasmu. Maka kau akan temukan dirimu sendiri. Begitulah prosesnya. Suatu hari, kelak ada yang mencuri ide darimu." ---Francis Ford Coppola.
Yang kita curi adalah ide, dari banyak orang, memadukannya, dan menciptakan sesuatu yang baru. Itulah yang disebut proses kreatif.

P.S.
Kenapa aku tidak memberi nilai sempurna untuk buku ini? Bukan salah penulis maupun isi bukunya sih. Ini gara-gara pas pertama kali membuka bukunya, halaman-halamannya sudah mau lepas saja. Huh. Jadinya kenikmatan membaca bukunya kurang maksimal, kudu ekstra hati-hati supaya tidak copot :|

View all my reviews

No comments:

Post a Comment