Thursday, April 30, 2015

Simple Thinking about Blood Type 3

Tema: BDDO
Tema baca bareng bulan ini adalah buku yang dulunya pernah diterbitkan secara online.

Sebenarnya bakal calon buku BDDO ada banyak sih, tapi karena lagi malas bikin review, aku pilih buku yang ringan dan lucu sajalah untuk dikomentari, yaitu:



Karena sebelum diterbitkan dalam bentuk buku komik golongan darah Park Dong Sun ini sudah ditayangkan secara online lebih dulu sebagai Web-Toon, jadi buku ini kuanggap sah deh sebagai BDDO.

Buku yang kuterima dari toko buku online tanggal 19 April kemarin (dan langsung dibaca saat itu juga) ini adalah buku ketiga dari serial Simple Thinking about Blood Type. Meskipun suka, buku pertama dan keduanya belum pernah kureview sampai saat ini. Langsung loncat ke sini saja ya, lagi pula aku merasa nyambung banget dengan buku terakhir ini, karena sebagian isinya yang sudah menyenggol dunia kerja.

Ada beberapa hal menarik yang dibahas di awal buku ini, seperti:

Pygmalion effect: teori tentang orang yang bereaksi terhadap lawan bicaranya dengan bertingkah seperti yang diharapkan.

Labelling effect: teori tentang orang yang bertingkah seperti yang dilabelkan pada dirinya oleh lawan bicaranya, misalnya berperilaku negatif karena dicap negatif.

Barnum effect: kecenderungan untuk mengakui secara psikologis bahwa sifat yang dimiliki orang-orang secara umum adalah ciri khusus dirinya sendiri.


Terasa tidak sih, kalau kita baca buku model begini, lalu kebetulan karakter kita sedikit banyak cocok dengan label di sini? Tentu kita langsung mengangguk-angguk setuju sambil komentar, "Oh, pantas saja... memang pada dasarnya begitu?"

Misalnya, karakter Golongan Darah A karakternya diberi label seperti ini: Baik, Lembut, Sopan.

Dia bekerja keras untuk menyesuaikan diri dengan aturan yang dibuatnya sendiri. Dia menjaga orang lain dengan baik, tetapi tidak bisa bertahan dalam sebuah konflik hubungan antarsesama manusia atau dalam perubahan lingkungan yang cepat. Dia sangat berhati-hati ketika memulai pekerjaan baru. Banyak di antara mereka adalah perfeksionis yang selalu mempersiapkan masa depan sedini mungkin. Dia bisa mengendalikan diri dengan baik dan sangat sabar.

Sebagian besar pemilik golongan darah A, termasuk aku, mungkin akan mengakui bahwa sifat-sifat umum itu benar. Tapi... mungkin tidak sih, kita mencoba melakukan hal yang berlawanan dengan label itu?

Sebagai tipe perencana, aku mencoba berbuat spontan. Misalnya, tidak membeli tiket mudik jauh-jauh hari (tapi, khusus untuk lebaran, tetap kudu beli H-90 sih). Akibatnya memang nyebelin sih, kalau niat dan belinya mendadak, bisa jadi malah tidak jadi mudik karena tidak kebagian tiket :( Repot juga ya, jadi orang spontan.

Tapi sayangnya, sifat perencana dan penuh perhitungan ini tidak berlaku kalau sudah berurusan dengan belanja buku :P

Selain itu, yang juga menarik untuk didiskusikan adalah: belum tentu golongan darah membuat sifat dan kelakuan kita jadi tipikal dan sama rata sama rasa dengan mereka yang bergolongan darah sama. Contohnya saja, keluargaku semuanya memiliki golongan darah A, tapi toh sifatnya berbeda-beda, dan bisa jadi bukan sifat yang konon khas golongan darah A.

Harus kuakui ada beberapa sifat tipikal golongan darah A yang memang gue banget, tapi untuk beberapa hal, aku cenderung mirip dengan tipe golongan darah AB. Misalnya dalam hal-hal di bawah ini, sifat A iya, sifat AB juga iya.




Atau kalau di tempat kerja:




Dan kadang-kadang, aku juga kerap melakukan hal-hal yang di buku ini pada umumnya dilakukan mereka yang bergolongan darah B dan O.

Nah, piye toh iki?

P.S.
Ada yang agak aneh di halaman copyright buku ini. Katanya cetakan pertama buku terjemahan ini terbit bulan Mei 2015, padahal aku sudah membeli dan membaca buku ini pada pertengahan April 2015. Padahal bukan pre-order pula. Ini salah cetak atau memang kecepetan mendistribusikan buku?

Oh, never mind. Just my unimportant musings.

2 comments:

  1. Klo baca buku 1 gol O plg sering kelaparan. Bahkan piknik pun yg dibawa makanan 😃

    ReplyDelete
  2. mungkin niatnya didistribusikan mei 2015?
    ternyata prosesnya lebih lancar?

    hana juga suka yang no 3 ini dan baru ngeh kalau banyak bahas kerjaan.. mungkin karena itu hana juga lebih suka yang no3 :D

    ReplyDelete