Sunday, April 19, 2015

The Firm

Biro Hukum (The Firm)Biro Hukum by John Grisham
My rating: 4 of 5 stars

#Program BUBU

The Firm yang terbit untuk pertama kali pada tahun 1991 ini merupakan novel kedua John Grisham. Nasibnya berbeda dengan novel pertama, A Time to Kill, yang ditawarkan pada belasan penerbit namun mengalami penolakan demi penolakan. Menurut pendapatku pribadi, mungkin saja karena tema ceritanya tergolong mainstream, Hollywood-friendly, dan tidak sekontroversial buku pertamanya. Meskipun aku cenderung lebih menyukai A Time to Kill yang terasa lebih personal, tapi jelas karena kesuksesan novel kedua inilah Grisham menjadi novelis best-seller, dan barulah kemudian orang-orang menjadi tertarik untuk membaca karya pertamanya. Dan gara-gara kesuksesan novel ini pula Grisham berhenti menjadi pengacara jalanan layaknya Jake Brigance, dan memfokuskan diri untuk menjadi penulis novel.

Novel ini bertutur tentang petualangan Mitch McDeere, fresh graduate top dari Harvard Law School, yang mendapatkan tawaran too good to be true aka too good to refuse dari biro hukum spesialis pajak Bendini, Lambert & Locke yang berbasis di Memphis.

Tapi, itu baru di awal cerita, bukan di akhir dongeng di mana Mitch dan istrinya, Abby, live happily for ever after. Meskipun semula memang terasa demikian.

Belum lama bekerja, Mitch menemukan beberapa kematian/kecelakaan misterius yang menimpa pengacara-pengacara di biro hukumnya. Masih jadi anak bawang, ia sudah didekati oleh agen FBI, yang berusaha merekrutnya dengan menjelaskan bahwa kematian-kematian para pengacara itu ada sebabnya: biro hukumnya merupakan biro milik mafia yang spesialisasinya mengurus cuci uang hasil kejahatan terorganisasi secara "legal".

Pilihan bagi Mitch tidak banyak: bekerja sama dengan FBI, mencari bukti bagi mereka dan menjadi saksi kunci, mencoba keluar dari biro hukum dan kemungkinan besar bakal mati misterius, atau tetap bekerja tanpa mengindahkan tawaran FBI dan pada suatu hari nanti kemungkinan bakal didakwa terlibat dalam kegiatan ilegal bersama semua pengacara di Bendini, Lambert & Locke, sekiranya FBI bisa mengumpulkan bukti dan saksi dengan cara lain.

Sebagai fresh graduate yang masih idealis, mendapati biro hukum impiannya ternyata tidak sebersih yang dibayangkan menjadi masalah besar buat Mitch. Tetap bekerja di sana sambil tutup mata sama sekali bukan pilihan, Tapi, pilihan lain yang ada sama sekali tidak menarik. Keluar dari biro begitu saja apalagi bekerja sama dengan FBI sama-sama memiliki risiko tinggi.

High risk, high return. Begitu hukum investasinya, bukan? Kalau memang memilih yang berisiko tinggi, kenapa tidak sekalian mendapatkan hasil yang tinggi pula? Mitch harus mencari pilihan yang sesuai dengan hati nurani, dan meskipun berisiko tinggi, ia dapat tetap hidup tanpa memikirkan konsekuensi yang harus ditanggungnya dari mafia ataupun terpaksa mengikuti program perlindungan saksi FBI.

Jujur saja, ini bukan novel drama pengadilan. Dan plotnya yang Hollywood banget membuatnya cocok untuk diadaptasi. Tak lama setelah terbit, novel ini dibuat adaptasi filmnya yang rilis pada tahun 1993, dengan sutradara Sidney Pollack dan casting terdiri dari nama-nama seperti Tom Cruise, Gene Hackman atau Ed Harris. Pada tahun 2012, novel ini juga diadaptasi ulang menjadi serial televisi.


Terus terang, karena aku bukan penggemar Tom Cruise, sepertinya aku cuma menonton versi adaptasi filmnya sebanyak satu kali, dan tidak terlalu kepingin untuk menonton ulang. Ternyata efek aktor di film juga kadang berimbas pada keinginan untuk membaca versi novelnya. Novel ini termasuk novel Grisham yang paling jarang kubaca ulang, kemungkinan besar karena covernya yang memajang foto pemeran utamanya besar-besar. Bias? Tidak objektif? Tentu saja. Mungkin aku harus membeli edisi lain yang memiliki gambar cover yang berbeda. 


View all my reviews

No comments:

Post a Comment