Tuesday, February 28, 2017

The Sheep-Pig

Judul : The Sheep-Pig

Penulis : Dick King-Smith

Penerbit : Puffin Books

Tebal : 134 halaman

Literary Awards : Guardian's Children's Fiction Prize (1984)

Dibeli di : Bybooks

Harga beli : Rp. 20.000,-

Dibeli tanggal : 18 Februari 2017

Dibaca tanggal : 22 Februari 2017

Sinopsis :
When Babe, the little orphaned piglet, is won at a fair by Farmer Hogget, he is adopted by Fly, the kind-hearted sheep-dog. Babe is determined to learn everything he can from Fly. He knows he can't be a sheep-dog. But maybe, just maybe, he might be a sheep-pig.

Review :
Pernah menonton film Babe (1995)?


Kisah tentang babi penggembala domba ini ternyata merupakan adaptasi dari buku anak-anak karya Dick King-Smith, yang pertama kali terbit pada tahun 1983.

Kisahnya sederhana, tentang seekor anak babi (yang kemudian dipanggil Babe, karena ia ingat ibu kandungnya pernah memanggilnya demikian), yang dipelihara oleh seorang petani bernama Hogget, yang memperolehnya secara tak sengaja karena berhasil menebak beratnya dengan tepat. Karena Pak Hogget tidak memelihara babi, rencananya Bu Hogget akan menyembelihnya untuk hidangan natal.

Sebagai babi sebatang kara, akhirnya Babe menjadi anak angkat Fly, anjing gembala betina yang tengah membesarkan anak-anaknya.  Justru karena salah asuhan itulah tingkah laku Babe meniru dan menyerupai anjing, sampai belajar pula bagaimana menggiring ternak. Begitu anak-anak Fly dibeli orang untuk bekerja sebagai anjing gembala profesional di tempat lain, Fly mencurahkan segala perhatian dan usahanya untuk mendidik Babe.

Lalu, bagaimana cara Babe menggiring kawanan domba? Apakah benar-benar sama dengan ajing gembala pada umumnya?

Ternyata tidak. Kawanan domba patuh kepada anjing gembala karena ketakutan, karena bagi mereka para anjing sama dengan srigala. Mereka patuh dan menurut kepada Babe, justru karena babi kecil itu selalu bersikap sopan dan meminta mereka untuk melakukan apa yang disampaikannya secara baik-baik.

Tapi tentu saja, bakat Babe tidak terlewatkan begitu saja oleh Pak Hogget. Diam-diam ia mendaftarkan babinya pada kompetisi anjing gembala yang disiarkan di televisi secara nasional! Masalahnya, semua domba di pertanian Hogget mematuhi perintah Babe karena mereka sudah mengenalnya dan menganggapnya teman baik, sementara para domba yang ada di kompetisi benar-benar domba asing yang tidak mengenal Babe! Bagaimana caranya agar Babe bisa mengalahkan para anjing gembala profesional yang menjadi saingannya?

Babe, versi adaptasi film buku ini dibuat di Australia, dengan sutradara Chris Noonan, sedangkan visual effect dikerjakan oleh Rhythm & Hues Studios dan Jim Henson's Creature Shop. Selain sukses secara finansial, filmnya juga sukses menuai pujian (saat ini rating di Rotten Tomatoes masih 97%!), mendapatkan tujuh nominasi Academy Award, termasuk Best Picture, Best Director, Best Adapted Screenplay, dan menang di kategori Best Visual Effect. Selain itu, film Babe juga memenangkan Best Motion Picture - Musical or Comedy di Golden Globe Award.

Omong-omong, ternyata salah satu pengisi suaranya adalah Hugo Weaving, lho. Sayangnya tokoh yang diperankannya adalah tokoh tambahan yang tidak ada di versi bukunya.

Best quote :
"That'll do, Pig. That'll do."

Verdict :


Review ini dibuat dalam rangka mengikuti :

Kategori: Award Winning Books



No comments:

Post a Comment