Tuesday, February 28, 2017

E.S.P.

Judul : E.S.P.

Penulis : Dick King-Smith

Penerbit : Young Corgi

Tebal : 80 halaman

Dibeli di: Bybooks FX Senayan

Harga beli : Rp. 10.000,-

Dibeli tanggal : 18 Februari 2017

Dibaca tanggal : 22 Februari 2017

Sinopsis :
Old Smelly loves to bet on the horse races, but he never has much luck - until he meets Eric Stanley Pigeon, that is. For this young bird has a very unusual talent... Old Smelly dreams of winning a fortune, but will his dreams come true?

Review :

1. Cover
Aku suka warna merah oranye yang mendominasi cover buku ini. Aslinya, di lapak Bybooks ada dua jilid buku ini dengan dua macam cover yang berbeda. Jilid yang pertama kucomot covernya didominasi warna biru muda, sementara jilid yang kutemukan berikutnya adalah jilid dengan cover di atas. Sebagai pecinta warna merah, sudah pasti yang kubeli jilid buku yang terakhir.

2. Cerita
Apa arti E.S.P. di judul ini?

Apakah singkatan dari Extra Sensory Perception? Apakah ini buku tentang seekor burung yang memiliki kekuatan ajaib?

Yah, memang itu sih plot utama cerita ini. Buku tentang burung merpati yang mungkin saja seekor esper. Tapi ESP juga bisa berarti singkatan dari Eric Stanley Pigeon, nama burung merpati yang bersangkutan.

Lahir dan bersarang di tumpukan koran di puncak gedung bertingkat, ESP ternyata punya hobi mematuk-matuk koran. Segmen koran yang dipatuknya spesial pula: pacuan kuda. Sudah begitu, ternyata nama kuda yang dipatuk ESP ternyata nama kuda pemenang pacuan!

Meski ESP tidak tahu kebetulan tersebut, ternyata hasil patukannya dibaca oleh seorang gelandangan yang dijuluki Old Smelly (kira-kira asal usul julukannya sudah cukup jelas). Karena sehari-harinya ia hobi tidur beralas dan berselimutkan koran, tanpa sengaja ia menemukan bahwa ada seekor burung yang suka mematuk pemenang pacuan! (Iya, ini aslinya permainan kata, pecked a winner dari picked a winner).

Namanya juga manusia. Begitu dapat kesempatan untuk menguji teori kekuatan ajaib ESP, langsung deh Old Smelly memasang taruhan di pacuan yang akan datang, dan... menang! Begitu dicoba lagi... eh ternyata menang lagi!

Jangan-jangan, ESP memang punya kekuatan ESP!
Jangan-jangan Old Smelly bisa kaya raya!
Jangan-jangan Old Smelly bisa tidak bau lagi!
Eh, yang terakhir mah kayaknya belum tentu deh... tapi yang pertama dan kedua juga belum tentu!

3. Hikmah
Sebagaimana layaknya buku cerita anak-anak, selalu ada hikmah yang bisa dipetik dan dipelajari oleh pembaca. Di sini, intinya jelas: jangan menggantungkan diri pada keberuntungan, melainkan pada usaha dan kerja keras!


Review singkat ini kubuat dalam rangka mengikuti tantangan ini:

Kategori: Children Literature


No comments:

Post a Comment