Friday, February 27, 2015

Misery

Judul: Misery

Penulis: Stephen King

Penerbit: Signet Novel

ISBN: 978-0-451-16952-5

Tebal: 338 halaman

Beli di: Periplus.com

Harga: Rp. 106.000,-

Tanggal pesan: 01 Februari 2015

Tanggal diterima: 23 Februari 2015

Dibaca dalam rangka:
Tema: Profesi

Sinopsis:
Paul Sheldon. He's a bestselling novelist who has finally met his biggest fan. Her name is Annie Wilkes and she is more than a rabid reader—she is Paul's nurse, tending his shattered body after an automobile accident. But she is also his captor, keeping him prisoner in her isolated house. Now Annie wants Paul to write his greatest work—just for her. She has a lot of ways to spur him on. One is a needle. Another is an ax. And if they don't work, she can get really nasty...

Review:

Mengapa aku memilih novel ini?

1. Karena profesi tokoh utamanya, Paul Sheldon, sangat jelas: Novelis.

2. Karena pembaca disuguhi writing process yang komprehensif dari Paul Sheldon, meskipun ia berkarya dalam kondisi di bawah tekanan, di bawah ancaman. Di mana deadline bisa berarti sangat sangat sangat harfiah...

3. Karena tokoh antagonisnya, Annie Wilkes, sangat memorable.
Bayangkan kondisi psikologisnya, andai kau menjadi Annie Wilkes, number one fan dari Paul Sheldon, terutama serial novel dengan tokoh utama wanita bernama Misery. Lalu, tiba-tiba saja kau mendapati di novel Misery keluaran terakhir, tokoh pujaanmu dimatikan oleh si novelis. Apa yang akan kaulakukan?
a. Nangis bombay, terus move on.
b. Memaki-maki Paul Sheldon lewat review buku di media sosial,
c. Menulis surat terbuka/tertutup yang panjangnya audzubillah, yang pada intinya memohon dengan amat sangat agar Paul Sheldon menghidupkan kembali Misery.
d. Bersikap proaktif dan penuh inisiatif, dengan menyandera Paul Sheldon yang tengah cedera berat karena kecelakaan mobil di tempat tidurmu, dan memberikan stimulus berupa ayunan PALU agar ia mau menulis novel yang sesuai dengan keinginanmu, khusus untukmu...

4. Karena novel ini adalah page-turner yang akan membuatmu terjaga semalaman tanpa sanggup meletakkannya sebelum selesai dibaca...

5. Karena setelah selesai membacanya, kau akan merasakan seluruh misery yang ditanggung Paul Sheldon. Kurang apa lagi? Badan remuk redam karena kecelakaan, dicekoki obat bius siang malam, manuskrip karya baru yang susah payah dikerjakan selama dua tahun terpaksa dibakar di depan mata karena tidak sesuai dengan selera Annie Wilkes, dipaksa menulis novel baru tentang Misery yang bangkit dari kematian, dan oh ya... ayunan PALU Annie Wilkes saat dianggap bandel.

6. Ada novel dalam novel! Baca satu novel dapat dua novel! Baca novel Misery, sekalian baca novel Misery's Return.

7. Novel yang pertama kali terbit tahun 1987 ini telah dibuat filmnya yang rilis pada tahun 1990, dengan cast James Caan sebagai Paul Sheldon dan Kathy Bates sebagai Annie Wilkes.


Dan Kathy Bates memenangkan Academy Award dan Golden Globe tahun 1991 sebagai aktris terbaik. Segitu meyakinkan dan menakutkannya dia sebagai penggemar fanatik yang tidak segan-segan menggunakan kekerasan untuk mengarahkan novelis nakal yang berani-beraninya membunuh karakter kesayangan!

Tujuannya baik, kok...

Tapi kalau bandel...
Krakkk!!!

Ngilunya langsung terasa sampai ke tulang...

Oh, ya, ternyata untuk adegan monumental ini, ada yang iseng bikin versi legonya, lho...



8. Aku sangat merekomendasikan novel ini bagi mereka yang belum pernah membacanya. Selain dapat memacu adrenalin karena unsur horor/thriller-nya, juga dapat menambah insight tentang proses penulisan novel ala Stephen King Paul Sheldon.

11 comments:

  1. penggemar fanatik yang tidak segan-segan menggunakan kekerasan untuk mengarahkan novelis nakal yang berani-beraninya membunuh karakter kesayangan!

    Wah, kayak seruuuuu >,<

    ReplyDelete
  2. Stephen King emang jagonya horor kok. Cerita seperti ini, unik dan tak terbayangkan, hanya King yang bisa membayangkan kemudian menulisnya menjadi sbeuah novel yang luar biasa mencekam. Endingnya gimana ini Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. SPOILER ALERT...

      Novel Misery's Return dicetak 1 juta kopi untuk terbitan pertama!!!
      #iklan

      Delete
  3. aku sudah nonton pelmnya duluuuu, tp baru sekarang tahu kalo ini dr novelnya SK #selftoyor :D

    ok d mbak threeez, novel ini lgs masuk wishlist

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ayo dibaca teman-teman...

      Sebagai penggemar fanatik SK, aku mencari teman nih... :))

      Delete
  4. aku ngiluuuu ngebayanginnya hahaha.. pernah nonton filmnya dan emang sangat berkesan deh XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca novelnya juga, mbak Astrid ;)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  5. baca review ini aja udah bikin aku ngilu, terutama melihat adegan yang ada bunyinya itu. >.<
    aku pengin tau gimana tokoh Misery itu dibunuh penulisnya sampai penggemar setianya bawa-bawa palu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Spoiler aja deh... Dalam novelnya Paul Sheldon membuat Misery meninggal waktu melahirkan, meninggalkan bayinya bersama suaminya.
      Ending yang bittersweet gitu. Tapi tetap saja Annie ngamuk.

      Delete