Thursday, March 13, 2014

How to Build an Imaginary World a la Westerfeld

The Manual of Aeronautics: An Illustrated Guide to the Leviathan SeriesThe Manual of Aeronautics: An Illustrated Guide to the Leviathan Series by Scott Westerfeld
My rating: 4 of 5 stars

Pernah membaca serial Leviathan-nya Scott Westerfeld? Selain dari ilustrasi sketsa hitam putih yang menghiasi lembaran bukunya, terbayang tidak sih bagaimana wujud para makhluk dan mesin fantastis yang menjadi andalan kubu Darwinist maupun Clanker?

Scott Westerfeld sangat detail ketika berusaha membangun dunia Leviathan. Bekerja sama dengan ilustrator Keith Thompson, ia merancang secara presisi apa saja yang ada dalam imajinasinya. Seperti apa dimensi mesin fantastisnya? Bagaimana seragam dan senjata pasukan tentara Inggris, Jerman, Turki, Rusia, dan Austro-Hungaria? Ribuan detail yang mungkin terlewatkan dalam adegan tertulis harus ditetapkan. Dan semua hal penting itu akhirnya menjadi buku tersendiri.

Buku ini kuperoleh waktu iseng berselancar di bagian bargain books salah satu toko buku impor online. Buku hardcover dengan harga cuma 30k, illustrated guide-nya serial Leviathan pula? Dan waktu mengecek harga aslinya di toko buku impor online yang lain, harga aslinya ternyata mencapai 236k? KLIK! Meskipun ternyata buku hardcover ini hanya terdiri dari 54 halaman yang habis dibaca kurang dari setengah jam, semua ilustrasinya menjadi pengimbang yang tiada tara :)

Baiklah, kuberi beberapa teaser yang asyik:

The characters
The Leviathan, dari luar dan dalam
Gondola. Perhatikan detail dapur, kabin kapten, mess perwira, sampai kamar mandi
Anjungan Leviathan
Seragam di Leviathan

Stormwalker
Ilustrasinya kereeen! Rasanya nggak rugi beli buku ini dengan harga banting (ya iyalah...).

WARNING: Buku ini memiliki efek samping yang berbahaya buat kesehatan dompet Anda.

Aku jadi ngiler kepingin membeli boxset serialnya! Duh!

View all my reviews

No comments:

Post a Comment