Saturday, March 29, 2014

Book of Souls

PERPUSTAKAAN:
Hanya segelintir yang tahu keberadaannya. Tempat ini menyimpan informasi paling mencengangkan.


Membaca judul buku ini (yang tumben tidak diterjemahkan sama sekali ke bahasa Indonesia, menjadi Buku Jiwa, misalnya), tanpa menengok sinopsis di cover belakang, bisa jadi calon pembaca menjadi salah sangka. Judulnya memang bisa menimbulkan persepsi kalau ini buku relijius atau buku motivasi seperti serial sup ayam. Oke, kubocorkan saja: buku yang dimaksud di sini adalah buku catatan tentang kelahiran manusia dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai pulau Rote... eh, maaf itu mah slogan perusahaan tempatku bekerja, maksudku manusia di seluruh permukaan bumi ini.

Bila pembaca buku hanya melihat catatan kelahiran dan kematian yang berlangsung di masa lalu, bisa jadi buku itu cuma dianggap buku catatan sipil. Tapi tidak, buku itu juga mencatat kelahiran dan kematian manusia di masa yang akan datang, yang menjadikan buku itu juga semacam buku ramalan, atau tepatnya Buku Takdir.

Dan apakah aku sudah mengatakan bahwa buku itu lebih dari satu? Bahkan ada ratusan ribu? Dan semuanya tersimpan dan terjaga ketat di Area 51 Nevada? Dan bahwa pemerintah Amerika menggunakan analisis dari ratusan ribu buku itu untuk mengambil keuntungan dari suratan takdir yang telah digariskan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa?

Will Piper, mantan agen khusus FBI, pernah bersinggungan dengan "Perpustakaan" dalam penyelesaian kasus terakhirnya, malah gara-gara tahu rahasia super dahsyat pemerintah itu ia dipaksa pensiun dini. Tapi, di kala seseorang yang masa hidupnya tinggal sepuluh hari lagi meminta bantuannya untuk mendapatkan sebuah buku yang tercecer dari koleksi "Perpustakaan" dan menelusuri rahasia di balik buku itu... Will pun tertantang untuk melakukan penyelidikan lagi... hanya karena ia juga penasaran akan satu hal yang menjadi pertanyaan semua orang yang mengetahui rahasia "Perpustakaan", yaitu tanggal 9 Februari 2027, tanggal di mana tak ada catatan kematian lagi setelah tanggal tersebut...

Buku ini mengikuti petualangan Will Piper ke Inggris, menelusuri sejarah munculnya buku-buku jiwa ke dunia, yang entah bagaimana berkaitan dengan William Shakespeare, John Cauvin, bahkan Nostradamus! Oh, tentu saja sambil menjadi target pemerintah AS, karena kalau sampai Will membocorkan 
keberadaan buku-buku supersecret itu ke masyarakat, bisa-bisa mengganggu operasi rahasia AS yang mengandalkan ramalan kematian besar-besaran di negara Amerika Latin yang sedang mereka incar... Lalu, apakah Will Piper mengetahui arti dari tanggal 9 Februari 2027?

Personally, novel ini sedikit mengingatkanku pada Death Note. Tapi, berbeda dengan Death Note di mana kita bisa menentukan kematian seseorang dengan menuliskannya di dalam buku milik para malaikat kematian itu, Book of Souls lebih menegaskan bahwa takdir kematian ada di tangan Tuhan, apapun usaha yang dilakukan oleh manusia untuk menghindarinya.

Apa yang akan kaulakukan bila mengetahui kapan tanggal kematianmu?

1 comment:

  1. Apa yang akan kaulakukan bila mengetahui kapan tanggal kematianmu?

    wahh.. pertanyaannya dalam boo!!

    ReplyDelete