Thursday, March 29, 2012

Jasmerah

Rumah ArwahRumah Arwah by Isabel Allende
My rating: 5 of 5 stars


Akhirnya selesai juga aku membaca novel ini, setelah terbengkalai gara-gara terjebak hype film The Raid, lebih banyak browsing ripyu dan trailernya daripada baca buku ;)

Meskipun pernah menonton versi live action novel ini di bioskop, dengan senang kusadari bahwa aku tidak begitu ingat seperti apa filmnya, kecuali para pemerannya: Jeremy Irons, Meryl Streep, Glenn Close, Winona Ryder dan Antonio Banderas (yang baru naik daun waktu itu). Dengan demikian, aku dapat menikmati novel ini tanpa banyak membanding-bandingkan seperti biasanya. Tapi yang jelas, di versi film rasanya tidak sampai ke generasi ketiga keluarga Trueba, karena tidak ada tokoh Alba dan Miguel. Ketika mengecek di Mbah Wiki, konon demi mempersingkat waktu tayang film, karakter dan kisah Alba dilebur dengan karakter Blanca, sedangkan karakter Miguel dicampur dengan karakter Pedro Tercero.

Membaca latar belakang kisah novel ini, otomatis jadi teringat sejarah gelap bangsa sendiri pada timeline dan periode yang berdekatan. Meskipun novel ini menggambarkan kehidupan di negara Amerika Latin, rasanya cerita takkan terlalu jauh berbeda apabila setting dan tokoh-tokohnya diadaptasi menjadi negara dan warga Indonesia, mengingat gonjang-ganjing politik, revolusi, kudeta militer, dlsb berada dalam gelombang dan frekuensi yang sama.

hal. 504-505
Alba menghampiri mereka dan menunjuk pada mural di sisi seberang jalan. Coretan cat merah dan cuma berisi satu kata dalam huruf-huruf yang sangat besar: JAKARTA.
"Apa artinya, Companero?"
"Entahlah," jawab si pemuda.
Dan tak satu pun dari mereka tahumengapa kubu oposisi mengecatkan kata Asia tersebut di tembok, mereka belum pernah mendengar tentang tumpukan mayat orang-orang yang dituduh komunis di jalanan kota yang jauh itu.


View all my reviews

3 comments:

  1. buku ini harganya naik uy, nggak jadi beli deh. ahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harganya naik? Mulai kapan?
      Untung aku belinya tahun lalu (baca: termasuk buku terlantar)

      Delete
  2. kemarin pas diskon gramed 38, seingatku harga lamanya 60rebu, eh itu jadinya 77ribu, nggak jadi ambil deh :(

    ReplyDelete