Saturday, March 17, 2012

Gen Si Kaki Ayam

Barefoot Gen, Volume Ten: Never Give UpBarefoot Gen, Volume Ten: Never Give Up by Keiji Nakazawa
My rating: 4 of 5 stars

Meskipun tidak dapat jilid 1, 6, dan 7, syukurlah aku membeli tujuh jilid manga ini di KGF 2012 kemarin dengan harga satuannya 10 ribu rupiah saja (boasting mode on).

Jadi teringat waktu SD atau SMP (nggak ingat lagi deh) aku membeli komik terjemahan jilid 1-nya, yang berjudul Gen Si Kaki Ayam (mungkin bisa dibilang manga pertama yang kumiliki karena Elex belum menerbitkan Candy-Candy), dan sialnya tidak menemukan lanjutannya lagi sampai saat ini.

Kisah Gen Nakaoka (yang kemungkinan besar kisah Keiji Nakazawa sendiri) ini memberi gambaran kepada kita tentang kehidupan rakyat biasa di Hiroshima, sebelum dan sesudah peristiwa bersejarah jatuhnya bom atom pertama di dunia.

Sebagai warga salah satu negara yang dijajah Jepang saat PD II, sebelum membaca jilid 1 komik ini dulu, kukira kehidupan rakyat Jepang damai sejahtera saat tentaranya sibuk menjajah negara lain. Minimal seperti rakyat AS yang ignorance saat negara dan tentaranya asyik berperang dan menghancurkan negara lain. Tapi ternyata rakyat biasa Jepang sama menderitanya dengan rakyat negara yang dijajah, khususnya menjelang berakhirnya perang. Seperti tersurat dalam sejarah, perang memang hanya demi keuntungan dan ambisi segelintir orang, meski digembar-gemborkan dengan "atas nama rakyat" atau "demi kehormatan negara", atau pembenaran-pembenaran lainnya.

Jilid 2 dst menceritakan hell on earth for the dying and the living setelah bom atom dijatuhkan, mengisahkan bagaimana tokoh utamanya melanjutkan hidup dan tetap bertahan meskipun tragedi dan bencana datang silih berganti.

Wheat pushes its shoots up through the winter frost, gets stepped on again and again, and send strong roots down into the earth so it can grow straight and tall... until one day it bears fruit.

View all my reviews

1 comment:

  1. O gt ya? ternyata sebagai negara penjajah rakyat jepang juga menderita, sy pikir rakyat disana adem ayem aja :)
    wah komiknya pasti bagus ya sob, smg jilid 1, 6, dan 7nya bisa segera sobat miliki :D

    ReplyDelete