Thursday, January 7, 2016

2015 Challenges Wrap Up and 2016 Challenges


Happy New Year!!! 

Ini posting pertamaku di tahun 2016. Dan kalau melihat ke belakang, pertama kali aku memposting review di blog suka-suka ini adalah tanggal 7 Januari 2012. Well, berarti sudah tepat empat tahun blog ini mengudara di dunia maya. It's a kind of magic!

Okay, singkat cerita, sudah saatnya aku berkontemplasi dan melihat apakah target-target yang kutetapkan di awal tahun 2015 telah tercapai. Nope, bukan target yang berhubungan dengan pekerjaan, tapi target yang berhubungan dengan kegiatan mengasah kapak rutinku.


1. Goodreads Reading Challenge



Checked. 2366 buku dari target 2015 buku. Masih cukup konsisten dengan tahun-tahun sebelumnya. Tapi harus kuakui, realisasi tahun ini kurang cantik. Di balik target baca buku sama dengan tahun baca, sebenarnya ada target baca buku nonkomik sebanyak 1000 buku. Pada tahun-tahun sebelumnya, target ini bisa tercapai, tapi apa boleh buat tahun ini cuma tercapai 791 buku. Jadi, realisasi tahun ini sangat didominasi oleh buku komik, terutama manga dan komik Amerika (kebanyakan komik terbitan Marvel, khususnya komik Deadpool!!!).


2. New Authors Reading Challenge

RC ini di-host oleh Mbak Ren di blognya. Sejujurnya, aku tidak menargetkan angka untuk RC yang satu ini, cuma memilih Level Maniac yang berarti > 50 buku. Untuk yang satu ini, tercapai 229 orang penulis yang bukunya pertama kali kubaca. Untuk tantangan tambahan dari Mbak Ren juga kuambil semua. Rekap keseluruhannya bisa diintip di sini.

Aku baru mengikuti RC ini di tahun 2015, dan secara otomatis RC ini membuatku lebih "terpaksa" untuk mencoba membaca buku dari banyak penulis yang karyanya belum pernah kubaca sebelumnya. Jujur saja, baca buku dengan cara seperti begini seperti beli kucing dalam karung. Gambling banget. Dan memang hasilnya hit or miss. Kalau beruntung, aku bisa dapat penulis favorit baru seperti John Scalzi. Kalau lagi tidak beruntung, ya jadinya membaca buku yang so-so gitu deh.

RC ini juga membuatku jadi lumayan banyak membaca buku penulis Indonesia yang selama ini belum tersentuh, terutama karena adanya tantangan tambahan Support Local Author.


3. Project Baca Buku Cetak

Oke, berbeda dengan Mbak Ren, untuk PBPC ini aku tidak mentargetkan berapa banyak buku cetak yang kudu dibaca. Yang jelas, timbunan buku untuk semua project pribadi (BUBU, baca ulang buku yang pernah dibaca ebooknya, buku yang lama tak tersentuh sejak dibeli) ada empat kontainer plus 2 dus kertas kuarto.

Andai sepanjang tahun 2015 aku puasa beli buku, aku rada yakin sih timbunan segitu bisa habis. Tapi karena kenyataannya pantang beli buku tidak mungkin banget, maka realisasi PBPC adalah sebagai berikut :

1. Timbunan buku untuk semua project pribadi telah berkurang menjadi 3 kontainer.
2. BUBU yang masih tersisa yang bisa kuingat adalah sekian belas buku Stephen King (nggak hafal apa saja euy) dan komik Dragon Ball jilid 1-20 (yang belum dibaca ulang karena belum juga dapat jilid 21-42 yang kondisinya masih lumayan mint).
3. Buku yang dipernah dibaca ebooknya dan sampai sekarang jilid cetaknya belum juga tersentuh adalah sbb:
- Serial Dresden Files-nya Jim Butcher Jilid 6 -15
- Serial Temeraire-nya Naomi Novik Jilid 1 - 8 (plus Jilid 1-3 versi terjemahan)
- Serial A Song of Ice and Fire-nya George R.R. Martin Jilid 1 - 5
4. Buku yang sudah lebih dari 10 tahun tak tersentuh dan akhirnya selesai dibaca antara lain: novel The Stand dan Serial The Dark Tower-nya Stephen King.

Lumayanlah.


4. Review Challenge

Pencapaian hanya 55% karena review yang dibuat hanya 55 dari target 100 review. Benar-benar kemunduran dari realisasi tahun 2014 yang mencapai 99 review. Tidak ada alasan untuk kegagalan pencapaian target ini selain karena MALAS.


Oke, cukup bicara masa lalu, sekarang kita bicara masa kini:



Secara umum, aku belum akan menambahkan challenge baru. Sementara copas dulu dari challenge 2015:

1. Goodreads Reading Challenge


Idem, target jumlah buku yang dibaca sama dengan tahun baca. Target bayangan 1000 buku nonkomik. Tapi... dari buku yang sudah kubaca sampai hari ini, perbandingan antara komik dan nonkomik adalah 70 : 30. Harus bisa kutekan jadi 50 : 50 nih.


2. New Authors Reading Challenge

Ada atau tidak ada NARC dari Mbak Ren di tahun ini, proyek ini bagus untuk diteruskan. Siapa tahu bisa menemukan penulis favorit baru.


3. Project Baca Buku Cetak

Idem juga. Carry over dari tahun 2015.

Bisakah 3 kontainer buku berkurang menjadi 1 kontainer? Kita lihat saja akhir tahun nanti.


4. Review Challenge

Minimal 100 review. Kalau Harus bisa.



Memperhatikan kemungkinan besar ada perubahan dari sisi waktu luangku tahun ini, sebenarnya tantangan tahun ini bakal terasa lebih berat dari tahun lalu. Tapi mudah-mudahan hal tersebut masih dapat diatasi.


Selamat berkreasi di tahun 2016, dan... TETAP SEMANGAT!!!


2 comments:

  1. Wow keren banget bisa baca lebih dari 2015 buku :D selamat atas pencapaiannya! 😀 semoga sukses di 2016

    ReplyDelete