Friday, October 30, 2015

Thinner

Judul : Thinner

Penulis : Stephen King

ISBN : 978-0-451-16134-5

Penerbit : Signet

Tebal : 318 halaman

Dibeli di : Periplus Online Indonesia

Harga beli : Rp. 102.000,- (diskon ultah)

Tanggal dipesan : 29 Agustus 2015

Tanggal diterima : 28 September 2015

Pertama kali dibaca : Tahun 1996

Tanggal dibaca ulang : 13 Oktober 2015 #Program BUBU

Sinopsis :

When an old gypsy man curses Billy Halleck for sideswiping his daughter, six weeks later he's ninety-three pounds lighter. Now Billy is terrified. And desperate enough for one last gamble...that will lead him to a nightmare showdown with the forces of evil melting his flesh away. 


Review singkat :

Buat mereka yang obesitas dan pingin cepet kurus, bacalah buku ini! Kutukan Gypsy misterius dapat menurunkan berat badan secara maksimal tanpa diet dan rasa sakit! 

Begini cara mendapatkannya:
1. Kemudikan mobilmu dengan kecepatan secukupnya.
2. Tanpa menghentikan mobil, minta istri/pasanganmu melakukan handjob.
3. Tabrak orang Gypsy pertama yang kautemui di jalan

Kutukan berlaku efektif setelah dukun Gyspy menyentuh pipimu sambil mengucapkan mantra. Tapi ingat, kutukan takkan bisa ditarik sebelum kau minta maaf!



Review agak panjang :

Hm... mungkin sinopsis dan review singkat di atas sebenarnya sudah cukup menjelaskan plotnya?

Billy Halleck adalah seorang pengacara montok (iya, kita tahu kata yang cocok sebenarnya obesitas), yang telah menabrak seorang nenek gipsi yang tiba-tiba menyeberang jalan tanpa lihat kiri-kanan. Kalau saja perhatiannya tidak teralihkan gara-gara Heidi, istrinya, memberikan servis dadakan, mungkin ia sempat mengerem. Kenyataannya, ia menabrak wanita itu sampai mati. Tapi, Billy dibebaskan dari tuntutan pada sidang pendahuluan. Bagaimanapun, koneksi itu penting. Apalagi kalau koneksinya seorang hakim!

Usai sidang, ayah sang korban mengelus pipi Billy, dan berkata, "Thinner."

Hm... mungkin terjemahan bebasnya... "Kusumpahin kurus, lo!"

Anyway, awalnya Billy mengabaikan kejadian aneh itu, sampai kemudian bobotnya berkurang sedikit lebih sedikit... terus... terus... dan terus...... berkurang. Diet hebat tanpa mengubah pola makan! Yay! Beli baju baru! Beli ikat pinggang baru!

Tapi... turunnya begitu drastis dan cepat, dari 114 kg jadi 53 kg!!! Jangan-jangan Billy sebenarnya sakit? Kanker misalnya? Apalagi penjelasan yang logis? Tapi mimpi-mimpi buruk serta seringnya Billy mendengar bisikan si dukun gipsi, ia mulai yakin kalau ia kena kutuk.

Kekhawatiran yang sangat mungkin benar. Apalagi, sepertinya bukan cuma Billy yang kena kutuk. Si hakim yang membebaskannya dan polisi yang membantu meringankan kasusnya juga mengalami hal yang mirip, meskipun bukan jadi kurus. Kutukan yang membuat mereka frustrasi sampai akhirnya bunuh diri.

Lalu, apa yang harus Billy lakukan? Mencari si dukun gipsi tua yang keberadaannya entah di mana untuk memintanya membatalkan kutukannya? Lantas, kalaupun ketemu, memangnya si dukun mau memaafkan begitu saja?

I never take it off, white man from town.
You die thin, town man! You die thin!

Verdict:
Everybody pays, even for things they didn't do.

Habisnya, meskipun si dukun akhirnya memberi jalan keluar setelah rombongannya diteror mafia yang membantu Billy, yaitu mengalihkan kutukannya pada orang lain dengan suatu media (semacam video Sadako di The Ring), hasil akhirnya belum tentu sesuai dengan harapan...

Iya, ini SPOILER!!!
Maaf, telat :))

Catatan tambahan:
Buku Thinner terbit pertama kali tahun 1984 di bawah nama pena alternatif Stephen King: Richard Bachman.

Pada tahun 1996, buku ini diangkat menjadi film, dengan sutradara Tom Holland dan karakter Billy diperankan oleh Robert John Burke.


Review ini dibuat dalam rangka :
Tema Horror



1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete