Tuesday, October 6, 2015

Firestarter

Judul : Firestarter

Penulis : Stephen King

Penerbit : Signet

ISBN : 978-0-451-16780-4

Tebal : 401 halaman

Dibeli di : Periplus Online Indonesia

Diperoleh tanggal : 23 Februari 2015

Dibaca tanggal : 26 September 2015 #Program BUBU

Sinopsis :
First, a man and a woman are subjects of a top-secret government experiment designed to produce extraordinary psychic powers.

Then, they are married and have a child. A daughter.

Early on the daughter shows signs of a wild and horrifying force growing within her. Desperately, her parents try to train her to keep that force in check, to "act normal."

Now the government wants its brainchild back - for its own insane ends.


Review :

Andy McGee dan Victoria Tomlinson pertama kali bertemu ketika mengikuti eksperimen yang diselenggarakan The Shop, salah satu agen rahasia pemerintah. Akibat eksperimen tersebut, Andy memiliki kemampuan mental domination alias hipnotis, sedangkan Victoria memiliki kemampuan telekinesis. Hubungan mereka berlanjut ke jenjang pernikahan dan membuahkan seorang putri, Charlene atau Charlie McGee.

Charlie mewarisi gen orang tuanya dengan kemampuan ESP yang lebih besar, pyrokinesis. Ia bisa menyalakan api hanya dengan memikirkannya, sejak masih bayi.

Bayangkan bagaimana repotnya suami-istri McGee dalam membesarkan Charlie. Sementara orang tua lain memberikan toilet-training pada anak mereka, suami-istri McGee harus menambahnya dengan fire-training, agar Charlie dapat menahan dan mengendalikan kekuatannya. Susah memang, tapi setidaknya keluarga McGee dapat kelihatan hidup normal seperti keluarga pada umumnya.

Namun kemudian, ketika The Shop memutuskan untuk menculik Charlie, keluarga McGee pun berantakan. Victoria tewas, dan Andy harus mengejar agen rahasia The Shop dan merebut kembali Charlie dengan kekuatan psikisnya.

Novel ini menggunakan alur kilas balik atau non-linear narrative. Kisah dibuka dengan kondisi Andy dan Charlie McGee tengah melarikan diri dari The Shop. Dalam pelarian tersebut, baik Andy maupun Charlie kadang-kadang, sengaja atau tidak sengaja, dalam keadaan terpaksa, menggunakan kekuatan mereka. Meskipun kekuatan Andy tidak sebesar putrinya, jangan salah, ia bisa membuat orang menjadi buta bahkan koma. Namun demikian, setiap kali menggunakan kekuatan secara berlebihan, Andy dapat mengalami sakit kepala yang parah dan pecah pembuluh darah yang dapat menyebabkan kelumpuhan sementara, sehingga ia harus beristirahat untuk memulihkan tenaga.

Charlie tidak memiliki keterbatasan itu, hanya saja fire-training dari orang tuanya terlalu efektif sehingga ia takut untuk menggunakannya. Tapi demi menyelamatkan ayahnya, apalagi dalam keadaan emosional, kekuatannya sanggup membakar siapa dan apa saja secara spontan.

Namun pada akhirnya, ayah-anak McGee tertangkap dan dipisahkan secara paksa di markas The Shop, yang melakukan eksperimen pada mereka. Usaha sang ayah untuk membebaskan diri dan anaknya dari cengkeraman The Shop, dengan semua strategi dan konsekuensinya, menjadi plot driver berikutnya dalam paruh akhir novel.

Berhasilkah usaha Andy membebaskan diri sendiri dan putrinya? Apa harga yang harus dibayar demi kebebasan?

Sekedar catatan:

Novel yang diterbitkan pertama kali pada tahun 1981 ini telah diadaptasi menjadi film pada tahun 1984:

Familiar dengan wajah gadis cilik pada poster di atas? Yap, itu Drew Barrymore!




No comments:

Post a Comment