Friday, January 9, 2015

2015 Challenges


Iya, aku tahu kok tahun 2015 sudah berjalan sembilan hari, tapi abaikan saja ya, toh ini memang posting pertamaku di tahun yang baru.

Menyambut tahun baru ini, aku sedikit mengubah tampilan blog meskipun tetap seminimalis mungkin, dengan alasan sederhana: blog ini takkan lagi hanya berisi review buku seperti sebelumnya. Tagline yang semula berjudul: Review Buku Suka-Suka (yang bisa diterjemahkan menjadi suka serius, suka ngaco, suka panjang, suka pendek, suka ngalor, suka ngidul, dan suka-suka yang lain sebagainya), akhirnya kuganti menjadi Talk about books in every which way (yang bisa diterjemahkan menjadi ngomongin buku suka-suka, di mana suka-suka itu sendiri berarti suka serius, suka ngaco, suka panjang, suka... ya... pokoknya suka begitu deh).

Nah, posting Bukan Review pertama di blog ini kudedikasikan untuk mempresentasikan RKAP (Rencana Kudu Aya Pelaksanaan) Tahun 2015. RKAP ini merupakan penjabaran dari RJP (Rencana Jangka Panjang) yang diturunkan dalam bentuk RBB (Rencana Beli/Baca Buku). Hm... maafkan singkatan-singkatan yang mirip jargon-jargon perusahaan barusan. Ini jelas efek bawaan dari kantor di awal tahun :P

Nah, RBB-ku tahun ini akan kuwujudkan dalam bentuk mengikuti Reading Challenge, dan karena aku omnireader yang membaca buku tanpa pandang bulu (atau pandang buku?), apakah itu buku fiksi, nonfiksi, graphic novel, manga, buku dewasa, buku anak-anak, dll, untuk memonitor buku apa saja yang sudah kubaca, aku mendaftarkan diri pada Goodreads Reading Challenge. Untuk tahun ini, aku memasang target hanya sedikit lebih tinggi dari tahun lalu:

Posisi 9 Januari 2015
Seperti biasa aku tancap gas dari awal tahun, mumpung pekerjaan belum belum begitu hectic. Mudah-mudahan bisa tetap konsisten dengan pencapaian RC tahun-tahun sebelumnya:

Iyaaa, ini humble brag XP
Tapi, karena Goodreads RC hanya mensyaratkan jumlah buku yang dibaca tanpa adanya batasan-batasan tertentu (yang penting bukunya memenuhi syarat sebagai buku yang bisa di-add di Goodreads), RC ini lama-lama jadi terasa kurang menantang. Karena itu, mulai tahun ini aku akan mencoba beberapa tantangan baru.

1. New Authors Reading Challenge 2015

RC yang diselenggarakan oleh Ren secara rutin ini sekarang lebih cocok dengan kondisiku (baca: tidak wajib bikin review XD). Tapi sebagai gantinya, ada tantangan tambahan yang lumayan menantang. Simak batasan yang ku-copas dari blognya Ren:

RULES

1. Durasi challenge ini adalah setahun. Dimulai dari tanggal 1 Januari -31 Desember 2015

2. Buku yang dibaca adalah buku fiksi dan nonfiksi.
Bagaimana dengan Kumcer atau anthology? Saya perbolehkan dengan catatan:
a. Kumcer ditulis oleh satu penulis saja. Contoh: Orang - orang Tanah karya Poppy D.Chusfani
b.Boleh mengambil kumcer dengan jumlah penulis yang berpartisipasi maksimal 5 (lima) orang dan harus ada minimal 2 (dua) penulis yang merupakan penulis baru untuk partisipan.

Berikut ini adalah buku yang tidak termasuk dalam reading challenge ini : Komik, Graphic Novel,  Novelette (cerpen), Majalah, Essai, Jurnal, Buku Teks Pelajaran.

Jumlah halaman minimal buku yang bisa masuk dalam challenge ini adalah 150 halaman. Jika teman - teman membaca versi ebook, silakan gunakan versi paperbacknya sebagai acuan (bisa dilihat di Goodreads atau Amazon). Jika tidak ada versi paperbacknya, silakan mengacu pada ebook yang kalian baca

4. Harus karya pengarang yang baru bagi peserta. Jadi belum pernah dibaca sebelumnya. Apakah debut masuk? Boleh. Apakah karya lama (misal classic) masuk? Selama pengarang itu tidak pernah kalian baca karyanya, maka diperbolehkan.

5. Diperbolehkan membaca baik edisi terjemahan maupun edisi bahasa asli (Inggris, Korea, Jepang, Jerman, etc). Pengarang dari Indonesia maupun dari luar negeri diperbolehkan.

6. Tidak diperbolehkan re-read (membaca ulang)

7. Jika buku yang dibaca adalah bagian dari serial, hanya buku pertama yang masuk dalam challenge ini.Buku selanjutnya tidak dihitung. Namun, tidak masalah jika by accident, kamu malah membaca buku yang ke-2 atau ke-3, selama itu kali pertama kalian membaca buku karya pengarang yang bersangkutan.

8. Satu pengarang satu buku (termasuk juga kumcer). Jadi jika nanti ada entri double saat update progress, saya berhak untuk menghapusnya

9. Boleh digabung dengan reading challenge lain, baik dari blog ini, blog - blog lain atau challenge di Goodreads.

10. Tidak wajib membuat master post. Karena saya tahu bikin master post itu bisa sangat merepotkan (hahaha XD), jadi untuk opsi ini tidak saya wajibkan :). Jika tidak membuat masterpost, mohon setelah mendaftarkan link blog kalian dan juga alamat email di kolom komentar, sebutkan level dan  kategori khusus yang akan kalian ambil  di kolom komentar. 

Bagi yang tidak punya blog, bisa membuat shelf di Goodreads dengan nama shelf "Challenge New Author RLC 2015" dan silakan daftarkan linknya di kolom komentar. Jika tidak punya Goodreads dan blog, silakan hubungi saya.

11. Level challenge "New Authors" :

Easy : 1-15 buku
Middle : 15-30 buku
Hard: 30-50 buku
Maniac : > 50 buku

Naik level diperbolehkan, jika peserta mengambil level Easy, Middle, dan Hard. Mohon untuk memberitahukan ke saya di postingan ini jika ingin naik level :)

12. Berikut ini adalah kategori khusus untuk NARC. Kategori ini semacam RC tambahan di dalam NARC. Tidak wajib diambil, tapi bagi yang menginginkan challenge tambahan bisa mengambilnya. Kategori yang ingin diambil terserah, boleh pilih semuanya atau boleh pilih minimal 2 (dua) kategori :

a. What's in a Name: Baca buku karya pengarang baru dengan nama tokoh di judulnya. Baca minimal 6 (enam) judul buku dalam setahun.

b. Genre 101 : Baca buku karya pengarang baru dengan genre - genre ini. Silakan pilih minimal 12 (dua belas) genre dan baca minimal 1 (satu) judul buku untuk tiap genre yang dipilih. Maksimal genre yang diambil dan buku yang dibaca tiap genrenya tidak dibatasi. Jenis genre:

Fantasy, Contemporary Romance, Thriller, New Adult, Religion/Spiritual,  Erotica, Asian Lit, History (boleh fiction ataupun romance), Urban Fantasy, Children Lit, Mystery/Crime, Steampunk, Humor, Sport, Young Adult, Science Fiction, Paranormal Romance, LGBT, Horror, Dystopia,  Holiday, Classic, Chiclit, Music, Travel, Biography, Adventure, Women Fiction.

Total minimal buku yang dibaca: 12 (dua belas) buku 

Terkait tentang genre ini, untuk menentukan genre buku yang teman - teman baca silakan mengacu pada Goodreads atau web pengarang yang bersangkutan :). Jika masih ragu silakan bertanya disini, supaya saya atau teman lain yang lebih paham bisa membantu. Apabila dalam buku yang dibaca teman - teman misalnya memiliki dua genre (misal genrenya YA dan Steampunk) silakan pilih salah satu saja yang merupakan genre yang utama.

c. Girl Power! : Baca buku karya pengarang baru dengan karakter utama wanita yang kuat, mandiri, cerdas, well, silakan tentukan karakteristik tokoh utama yang masuk dalam kategori ini ;). Baca minimal 6 (enam) judul buku dalam setahun.

d. Ebook Lover: Untuk kamu yang pecinta ebook. Baca minimal 6 (enam) judul buku karya pengarang baru dengan format ebook dalam setahun.

e. Series Addict: Yang ingin mencoba seri buku baru. Baca minimal 6(enam) judul buku yang merupakan buku pertama dari seri karya pengarang baru dalam setahun. Terkait dengan kategori ini, tetap mengacu ke rules no 7 :).

Contoh: Peserta mengambil kategori ini. Maka dia akan memilih 6 seri dari 6 pengarang baru yang belum pernah dia baca sebelumnya. Jadi dia akan membaca Fellowship of the Ring (buku pertama seri LOTR), Divergent (buku pertama seri Divergent), Dark Lover (buku pertama seri Black Dagger Brotherhood), Percy Jackson & The Lightning Thief (buku pertama seri Percy Jackson), Seraphina (buku pertama seri Seraphina) dan The Maze Runner (buku pertama seri The Maze Runner)

Hanya buku pertama saja dari seri oleh pengarang yang berbeda yang dibaca ^^. Semoga jelas yaaa

f. Support Local Author: Mari baca buku karya pengarang baru dari negara kita tercinta, Indonesia! :D Baca minimal 6 (enam) judul buku dalam setahun

Catatan: 
# Jika teman - teman memilih salah satu dari kategori di atas, buku - buku yang dibaca tetap masuk dalam level yang sudah diambil.
Sebagai contoh: A mengambil level Easy (baca 15 buku) dan memilih kategori Ebook Lover. Selama setahun dia membaca 7 buku dengan format ebook. Maka 7 buku ini tetap masuk dalam 15 buku yang harus dibaca selama setahun oleh A.
Jika teman - teman memilih lebih dari 1 (satu) kategori khusus, buku yang dibaca hanya boleh masuk dalam 1 (satu) kategori saja. 
Sebagai contoh: B mengambil kategori What's in a Name dan Genre 101 Ia lalu membaca Acheron yang masuk dalam dua kategori itu. Maka B harus memilih salah satu, apakah masuk di What's in a Name atau Genre 101.

13. Tidak wajib untuk mereview. Jika ingin mereview, bisa menulis review di blog maupun Goodreads. (atau di notes FB).Untuk yang memberikan review buku saat update progress akan ada rewardnya :D.

14. Pendaftaran dibuka mulai hari ini (5 Januari 2015) dan dibuka sampai 1 Desember 2015. Peserta dibebaskan untuk mendaftar kapan saja. 

15. Update reading progress akan dibuka setiap dua bulan sekali. Akan diadakan giveaway untuk peserta yang mengupdate progressnya saat link update dibuka.

16. Blogger yang menjadi partisipan, mohon untuk mencantumkan button reading challenge di bawah ini di masterpost (jika membuat) dan sidebar blog kalian. Mohon untuk mencantumkan linkback ke postingan blog ini :)

Tentu saja, namanya juga tantangan, aku mengambil level Maniac dengan semua tantangan tambahannya #maruk XD

2. Project Baca Buku Cetak

Ini sebenarnya proyek pribadi Ren, dengan persyaratan sederhana saja, sbb:

1. Tentukan target baca buku cetak dalam setahun ini. Saya menargetkan membaca 100 buku dalam setahun, maka saya menargetkan 50% dari jumlah buku yang saya baca tahun ini dalam format paperback. Jadi saya akan baca sebanyak 50 buku cetak di tahun 2015 :D

2. Harus buku cetak dan ngga boleh e-book. Kan tujuan project ini buat ngehabisin timbunan paperbacknya XD. Genre dan jumlah halaman sih terserah teman - teman, baik fiksi ataupun nonfiksi, cerpen ataupun buku bantal, terjemahan maupun import. Gimana dengan komik? Karena komik masuk buku cetak juga (bukan yang dibaca online loh), maka boleh lho dimasukkan ke reading progress project ini. Asal jangan baca majalah atau tabloid ya :P

3. Tidak harus mereview buku - buku yang telah dibaca di blognya atau di akun Goodreads. Soalnya saya sendiri kadang suka males juga review XD.

4. Bikin post di blognya tentang project ini, isinya adalah berapa buku cetak yang akan teman - teman baca selama tahun 2015. Kalian ngga perlu ngelist buku apa aja yang mau dibaca, tapi silakan aja jika ingin membuat listnya.
5. Ga punya blog? Gapapa kok. Bisa bikin shelf khusus untuk project ini di Goodreadsnya atau bikin notes khusus di FB/Tumblr
6. Biar makin asyik, share juga kemajuan teman - teman dalam Project Baca Buku Cetak ini di sosmed semacam Twitter, Path, Google+, FB, Instagram, dll dsb. Bisa pakai hashtag #BacaBukuCetak .

Nah, mudah kan? :D. Kalau teman - teman mau ikutan, yang blogger bisa pasang button project ini di side bar blognya:


Proyek Ren ini sejalan dengan proyek-proyek pribadiku:

1. BUBU (Beli Ulang Baca Ulang)
Program restorasi buku-buku favorit yang raib dalam Titian Musibah 2013. Sebagai pembaca buku, tidak afdol rasanya kalau membeli buku tanpa membacanya (meskipun sudah pernah membacanya berkali-kali pada jaman dulu kala).

2. Baca Buku Cetak yang pernah dibaca ebook-nya
Bagiku, membaca ebook kadang-kadang menjadi ajang uji coba. Kalau ternyata bukunya masuk kategori REALLY LIKED IT dan IT WAS AMAZING, aku WAJIB PUNYA BUKU CETAKNYA. Dan kalau sudah punya buku cetaknya, sebagai pembaca buku, tidak afdol rasanya kalau...

3. Baca Buku Cetak yang sudah lama dibeli tapi belum sempat dibaca
Sudah cukup jelas.

Untungnya, timbunan di kamar kosku sekarang tinggal sedikit lagi:


Dua kontener biru berisi buku bakal calon re-read (Proyek 1 dan 2), sedangkan dua kontener lainnya plus dua dus kertas HVS berisi buku yang belum pernah dibaca setelah dibeli. Jumlah pastinya tidak kuhitung, supaya tidak malah terasa jadi beban :)

Oh, ya, proyek ini sudah pasti juga sejalan dengan Goodreads RC dan New Authors RC (Banyak buku yang nama pengarangnya tidak familiar, yang kubeli hanya gara-gara kupikir "sepertinya menarik").

3. Review Challenge


Tantangan akan lebih menarik bila sulit dicapai. Dan dibandingkan membaca buku, hal yang kuanggap sulit (intinya sih karena malas saja, hehehe) adalah konsisten menulis review. Sudah ada beberapa review challenge yang pernah kucanangkan tapi gagal total. Review seluruh seri Dresden Files dan review seluruh seri Tintin, misalnya. Aku hanya sempat semangat menulis beberapa review, tapi lama-lama melempem deh.

Tahun ini, aku mencanangkan proyek pribadi:


Targetnya sederhana saja: minimal review yang diposting di blog ini lebih banyak dari pencapaian tahun 2014 :))

Selamat berkreasi di tahun 2015 dan... TETAP SEMANGAT!

5 comments:

  1. Luar biasa Mba Indah itu baca 2015 buku XD...taun depan berarti 2016 dong ya jumlah bukunya :v

    Oh ya, untuk yang serial, banyak yang salah tangkep kalau mesti baca serial yang jumlahnya 6 buku atau lebih. Maksudku itu, baca buku pertama aja dari serial karya pengarang baru. Jadi perlu 6 serial buat dibaca. Moga2 Mba Treez ga bingung ^^;

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap, Ren, aku nggak bingung kok :)

      Untung cuma buku pertama aja ya... soalnya kalo ga sesuai selera bisa jadi males baca buku lanjutannya

      Delete
  2. Kak proyek pribadinya makjleb ke saya juga :") saya kadang mager nulis repiew kak /dibejek, tapi beneran suka mlempem gitu juga ;A; semoga tahun ini bisa se-semangat kak ya, sayanya :")
    semangaat kak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you....

      Mudah-mudahan semangat awal tahun kita tetap berlanjut sampai akhir tahun \(>,<)/

      Delete
  3. Do you need free Twitter Followers?
    Did you know you can get these AUTOMATICALLY & ABSOLUTELY FOR FREE by using Like 4 Like?

    ReplyDelete