Monday, July 9, 2012

Pendidikan Seks ala Doraemon

Pertumbuhan dan Kelahiran (Doraemon Komik Pendidikan)Pertumbuhan dan Kelahiran by Fujiko F. Fujio
My rating: 3 of 5 stars

Komik ini boleh dibilang komik pendidikan seks ala Doraemon.

Cukup takjub juga pas baca buku ini, karena Doraemon menjelaskan dengan gamblang baik proses pertumbuhan maupun dari mana datangnya bayi. Untunglah penjelasannya cukup klinis, jadi tidak terasa porno. Tapi penjelasannya mungkin terlalu detil, mengingat ini penjelasan untuk Nobita cs, yang umurnya rata-rata masih 10 tahun.

Proses pertumbuhan anak laki-laki dan perempuan menjadi dewasa di komik ini dilengkapi gambar pria dan wanita dewasa yang telanjang, lengkap dengan penis dan payudara (tanpa sensor) serta "rambut dewasa" yang tumbuh di tempat-tempat tertentu.

Penjelasan tentang kelahiran lebih detil lagi. Untungnya meskipun ada ilustrasi organ kelamin laki-laki dan perempuan, tidak ada gambar bagaimana kedua jenis organ itu bekerja sama secara langsung dalam memproduksi anak. Sebagai gantinya, Doraemon dengan ceria menjelaskan tentang sperma dan ejakulasi serta sel telur dan menstruasi, lalu bahwa untuk membuat bayi harus ada penyatuan sperma dan sel telur. Selanjutnya diteruskan dengan proses pertumbuhan sel telur yang telah dibuahi, menjadi embrio, lantas bayi secara bertahap.

Komik ini berguna untuk orang tua yang merasa risih dan bingung menjelaskan bagaimana caranya membuat adik bayi kepada anak-anak yang rasa ingin tahunya tinggi. Suruh saja mereka baca komik ini, tapi tetap dengan bimbingan orang tua tentunya. Orang tua pun harus siap menjelaskan apabila terdapat istilah-istilah biologi yang masih kurang jelas.


View all my reviews

No comments:

Post a Comment