Sunday, July 8, 2012

Cermin Kecoa dan Tanda Cinta

Cermin Kecoa dan Tanda CintaCermin Kecoa dan Tanda Cinta by N. Riantiarno
My rating: 3 of 5 stars


Buku ini hasil jarahan Kopdar KRB, dan seperti beberapa buku lainnya, ada tanda tangan penulis di halaman depannya, meski tentu diperuntukkan pada pemilik sebelumnya.

Bagian pertama buku ini merupakan kumpulan monolog, yang mulanya dipergunakan secara internal di Teater Koma untuk bahan studi pemeranan bagi para calon anggota. Tapi setelah beberapa monolog digelar di luar workshop dan dapat respons bagus, akhirnya diterbitkan dalam bentuk buku untuk dimanfaatkan aktor-aktor yang berminat melakukan studi peran. Tentunya ada wanti-wanti di halaman depan, apabila ada yang berminat mementaskannya diharapkan memberitahu penulisnya atau meminta izin kepada Teater Koma. Ini berlaku juga untuk bagian keduanya.

Setelah membaca bagian pertama, naskah "Dua Cinta" sepertinya tercantum dalam buku penulis yang lain, yang sudah kumiliki dan kubaca sebelum buku ini. Naskah "Tali Mati" membuatku mencoba membayangkan bagaimana cara mementaskannya, secara dialognya untuk dua orang bisu. Naskah "Kecoa"... cukuplah kuharap itu cuma mimpi buruk si tokoh. Hih...

Bagian kedua merupakan naskah drama yang pernah dipentaskan sebagai produksi ke-107 Teater Koma, hanya diperankan 2 orang, Ratna Riantiarno dan N. Riantiarno sendiri, dan khusus digelar untuk anniversary pernikakan yang ke-27.



View all my reviews

No comments:

Post a Comment