Monday, January 30, 2017

Miniatures: The Very Short Fiction of John Scalzi

Judul : Miniatures: The Very Short Fiction of John Scalzi

Penulis : John Scalzi

Penerbit : Subterranean Press

Tebal : 142 halaman

Dibaca tanggal : 26 - 27 Januari 2017

Verdict :






Review :
FYI, aku menjadi penggemar karya-karya John Scalzi sejak pertama kali berkenalan dengan novel pertamanya: Old Man's War, dan setelah mengetahui bahwa Scalzi memiliki situs blog pribadi yaitu whatever.scalzi.com, aku juga menjadi pembaca/pengikut setia blognya. Alasannya banyak. Selain gaya bertuturnya yang enak dibaca, selera humor Scalzi juga rupanya pas dan cocok dengan seleraku. Alhasil aku bukan hanya memburu karya-karya fiksinya, melainkan juga berusaha mencari karya-karya nonfiksinya.

Buku kumpulan cerpen ini merupakan salah satu karya teranyarnya yang terbit di akhir tahun 2016. Menilik daftar isinya, sebenarnya sebagian dari cerpen yang ada sudah pernah kubaca di blognya, khususnya di seksi The Scalzi Creative Sampler.

Menurut pengakuan Scalzi, ia hanya punya dua kecepatan alami dalam menulis cerita fiksi: novel (lebih dari 40.000 kata dan biasanya mendekati 100.000 kata), dan cerpen yang sangat pendek, sekitar 2.000 kata. Sebagai mantan penulis review film dan kolom opini di suratkabar, ia terbiasa dibatasi oleh jumlah kata, yang rata-rata 800 kata atau kurang. Dan di buku ini, yang terdiri atas 18 cerita, panjangnya berkisar antara 427 - 2.296 kata, dengan rata-rata 1.310 kata. Semuanya singkat, padat, to the point. Dan tentu saja, hilarous! Buat yang sreg dengan gaya bercerita Scalzi, reaksi saat membaca cerpen ini bisa berada di antara senyum simpul, terkikik, sampai terpingkal-pingkal.

If drama is a marathon, humor is a sprint.
Get in, make 'em laugh. Get out.
--- John Scalzi

Seperti apakah gambaran singkat cerita-cerita buku ini? Well, sebagian besar karya Scalzi termasuk genre Science Fiction, jadi setting di kumcer kebanyakan berada di dunia di mana interaksi manusia bumi dan alien dari planet lain sudah amat sangat lumrah adanya, Absurd? Itu mah sudah pasti!

Tema dan premisnya gado-gado, antara lain seperti ini:
- Hasil wawancara penulis Sol System Weekly Report dengan sembarang orang yang ditemui di jalan tentang kejadian menarik yang mereka alami berkaitan dengan spesies hewan alien.
- Hasil searching sejarah alternatif di mesin yang bisa mengakses alur waktu alternatif. Untuk keyword THE DEATH OF ADOLF HITLER pada tanggal 13 Agustus 1908 di Wina, ada 8 skenario alternatif, dengan penyebab kematian yang berbeda-beda, dan sejarah alternatif yang berbeda-beda pula. Semuanya diakhiri dengan siapa manusia (atau nonmanusia) yang pertama kali mendarat di bulan (e.g. Vladimir Putin manusia pertama mendarat di bulan, 1988).
- Hasil wawancara ekslusif dengan Pluto, tak lama setelah statusnya di tata surya didemosi dari planet menjadi planet kerdil,
- Transkip tanya jawab dengan Denise Jones, superbooker (baca: agen/calo resmi superhero) dan transkrip tanya jawab dengan Albert Vernon, analis super villain.
- Bagaimana jika yogurt memiliki intelejensi dan mengambil alih tatanan dunia.
- Surat Edaran dari VP Humas bagi karyawan FoodMaster Supermarkets dalam berinteraksi dengan pelanggan alien Manxtse dari planet Cz'Dhe.
- Hasil wawancara dengan Brandon Smith, yang mengajukan class action suit kepada Space Fleet of the Universal Union atas nama kru armada pesawat antariksanya, karena pelanggaran atas regulasi keselamatan kerja. Cerita ini merupakan bahan promosi novel Redshirts, yang biasanya dibacakan oleh Scalzi dan teman/penonton, pada setiap lokasi tur.
- Keluh kesah smart appliances (dari penyegar ruangan, sistem keamanan rumah, kepala shower, kulkas, dll) tentang majikan manusia mereka, seandainya mereka bukan cuma pintar dan punya artificial intelligence, tapi juga perasaan.
- dll.

Duh. Ini seharusnya review, ya, bukannya daftar ringkasan cerita. Lagipula, meskipun bisa memberi sedikit gambaran tentang premis temanya, tetap saja yang namanya ringkasan tidak ada apa-apanya ketimbang cerita aslinya. Saranku, mending langsung baca bukunya saja sekalian. Beneran deh. Serius. Very recommended buat siapapun yang butuh hiburan segar!


Tema : Science Fiction











No comments:

Post a Comment