Monday, January 27, 2014

The Tale of a Naughty Rabbit

The Tale of Peter RabbitThe Tale of Peter Rabbit by Beatrix Potter
My rating: 3 of 5 stars

Si kancil anak nakal
Suka mencuri ketimun
Ayo cepat ditangkap
Jangan diberi ampun

Boleh dibilang, buku cerita anak-anak klasik dari Inggris ini sedikit mirip dengan lagu si kancil di atas, karena tokoh utamanya adalah anak kelinci nakal bernama Peter yang menjarah sayuran milik Mr. McGregor. Tentu saja, dia harus siap dengan konsekuensinya: dikejar-kejar, ditangkap, dan pastinya tidak diberi ampun!

Nakalnya si Peter bukan hanya dari sudut pandang manusia yang kebunnya diacak-acak, tapi seharusnya juga dari sudut pandang ibunya. Sebelum pergi berbelanja roti, Mrs. Rabbit sudah mewanti-wanti empat anaknya yang ditinggal di rumah:
"Jangan masuk ke kebun Mr. McGregor; Ayah kalian mengalami kecelakaan di sana;
dia dijadikan pai oleh Mrs. McGregor"
Sementara Flopsy, Mopsy dan Cotton-tail menjadi anak baik-baik dan menuruti pesan sang ibu, Peter malah langsung melesat ke kebun McGregor dan menjarah sayurannya.
Dasar anak bapaknya!
Sialnya, pas masuk daerah ketimun, ia kepergok Mr. McGregor. Jelas saja dia dikejar ke sana kemari. Meskipun lolos dengan kehilangan jaket dan sepatunya, dia tetap tersesat di kebun dan tidak bisa pulang! Lalu, bagaimana nasib Peter? Akankah berakhir di dalam pai mengikuti jejak ayahnya?

Kisah si Peter anak nakal suka mencuri sayuran ini ditulis dan digambar oleh Beatrix Potter (1866-1943) pada tahun 1893. Pertama kali bukunya dicetak dan diedarkan sendiri oleh Miss Potter pada tahun 1901, setelah ditolak oleh beberapa penerbit, sebelum akhirnya diterbitkan resmi pada tahun 1902 oleh Frederick Warne & Co. Proses kreatif Beatrix Potter dengan Peter Rabbit-nya ini telah menjadi film biopik yang diperankan oleh Renee Zellweger sebagai Beatrix Potter dan Ewan McGregor sebagai Norman Warne, editor dan tunangannya.

The Tale of Peter Rabbit adalah awal dari serangkaian buku cerita anak-anak yang ditulis dan digambar sendiri oleh Beatrix Potter, seperti The Tale of Squirrel Nutkin, The Tale of Mrs. Tittlemouse, The Tale of Tom Kitten, The Tale of Two Bad Mice, dan masih banyak lagi. Versi terjemahan karya-karya Beatrix Potter ini sudah pernah diterbitkan pada tahun 2002 oleh salah satu penerbit besar di Indonesia, dalam bentuk paket hardcover. Sayangnya, aku belum pernah menemukan koleksinya secara lengkap, dan hanya bisa berharap suatu hari nanti akan diterbitkan cetak ulangnya.

PS. Buku ini sengaja kubaca ulang dalam rangka Posting Bareng BBI Bulan Januari 2014 dengan tema fabel.



View all my reviews

2 comments:

  1. kelinci-kelinci unyuuu... :))

    @lucktygs
    http://luckty.wordpress.com/2014/01/30/review-the-frog-princess/

    ReplyDelete