Sunday, September 16, 2012

Iron Man, Inside and Out

Iron Man: ExtremisIron Man: Extremis by Warren Ellis
My rating: 5 of 5 stars

Damn, it's good.
I wonder why I haven't searched and read this until now.

Dalam komik ini, Iron Man dibuat hancur luar dalam oleh Mallen, teroris domestik yang mendapat teknologi super soldier Extremis. Kalau tidak ada intervensi tentara, Tony Stark bisa-bisa harus dituang keluar dari armornya! Yap, dia kan cuma manusia biasa yang mengenakan armor canggih.

Terus, aku jadi teringat logic check yang membuat kritikus film mempertanyakan bagaimana bisa Tony Stark di film Iron Man (2008) cuma lecet-lecet doang setelah ketabrak F-22 Raptor atau jatuh jadi ketinggian. Secanggih apa shock absorber yang dimiliki armor Iron Man di Marvel Cinematic Universe hingga manusia di dalamnya bisa tahan benturan sehebat itu?

Di komik ini, Tony Stark jelas vulnerable. Lantas, untuk mengalahkan lawan macam Mallen, ia harus melawan api dengan api, dan perlu mendapat dosis Extremis juga. Selain untuk memulihkan fisik yang mengalami luka dalam (kok kayak cersil Kho Ping Hoo, yah?), juga untuk mengoneksikan otaknya langsung dengan armor! Way to go man... Iron Man, inside and out!



Cerita ini jadi bertentangan dengan prinsip Tony Stark versi MCU lagi, yang lebih suka mengembangkan hardware ketimbang program super soldier (seperti yang dikatakannya pada Jendral Thunderbolt Ross di ujung film Incredible Hulk), dan meledek Captain America di film The Avengers bahwa apa yang dimilikinya cuma berasal dari sebuah tabung kimia...

Pembuat program Extremis adalah Maya Hansen, salah seorang ilmuwan teknologi kedokteran yang merupakan teman lama Stark, dan membantu Stark untuk menjadikannya Iron Man versi Extremis. Dan... tokoh ini tercatat dalam daftar karakter film Iron Man 3 di IMDB! Apakah supervillain Mandarin akan membuat Tony Stark hancur luar dalam dan akhirnya terpaksa menelan omongannya sendiri lantas menjadi super soldier yang mengenakan super armor? Kita lihat saja tahun 2013 nanti.

Catatan tambahan: Tony Stark di komik ini mirip banget dengan Tom Cruise.


Mungkin waktu menggambar komik ini (yang terbit jauh sebelum Marvel merilis film Iron Man), Adi Granov membayangkan seandainya Iron Man dibuat film, maka aktor yang pantas memerankan Tony Stark adalah Tom Cruise. Tapi sekarang, sulit membayangkan aktor yang begitu pas sebagai Tony Stark selain Robert Downey Jr.

View all my reviews

2 comments:

  1. Komiknya emang 3D gitu yaah
    keeerenn

    ReplyDelete
  2. Emang keren :)

    Film Iron Man berkiblat ke komik ini (terutama originnya yang pindah dari Vietnam ke Afghanistan), dan ilustratornya direkrut untuk desain armor, makanya mirip.

    Tinggal tunggu Iron Man 3 ngambil unsur Extremis dari sini juga atau tidak.

    ReplyDelete